Aplikasi Formula Alam Hijau Pada Bibit Rumput Laut

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam budidaya rumput laut menggunakan Formula Alam Hijau diperlukan persiapan-persiapan agar tidak terjadi kesalahan aplikasi yang akan berakibat kurang maksimalnya hasil seperti yang di harapkan. Untuk itu dalam penggunaannya telah diberikan berikan beberapa prosedur kerja yang harus dijalankan, berikut ini tata cara pengaplikasian Formula Alam Hijau pada bibit rumput laut:

  1. Siapkan bibit rumput laut yang telah berumur 30 sampai 35 hari
  2. Pilih thallus untuk bibit yang bagus dan sehat, untuk setiap satu titik penanaman direkomendasikan 100 gram atau 1 ons lalu ikat ke tali ris yang telah disediakan.
  3. Siapkan tempat untuk merendam bibit dan sesuaikan dengan volume bibit yang akan ditanam, tempat-tempat yang dapat digunakan untuk merendam bibit misalnya: bak air, gentong besar atau perahu yang dilapisi dengan terpal.
  4. Isi tempat penampungan air yang telah dipersiapkan dengan air laut lalu tuangkan Formula Alam Hijau kedalam air laut yang telah disiapkan tadi. Dosis yang dianjurkan adalah 100ml Formula Alam Hijau dicampur dengan 50 liter air laut dan berlaku kelipatannya. Setelah itu aduk hingga rata.
  5. Rendam bibit rumput laut hingga Thallus terendam semua kedalam larutan Formula Alam Hijau. Setiap 100ml yang telah dicampur dengan air laut 50 liter dapat digunakan untuk merendam bibit sebanyak 25kg. Tempat perendaman bibit rumput laut harus terlindung dari air hujan atau air tawar, karena jika air hujan atau air tawar bercampur dengan air laut yang digunakan untuk merendam bibit maka akan mempengaruhi salinitas air laut sebagai media perendaman bibit dan juga akan mempengaruhi cara kerja Formula Alam Hijau.
  6. Lama perendaman bibit rumput laut adalah 1 X 24 jam dengan cara membolak-balik setiap 4-5jam sekali, setelah 24 jam di rendam, bibit dapat segera ditanam dan usahakan jumlah pelampung mencukupi agar rumput laut tetap berada di permukaan laut sehingga proses fotosintesis dapat berjalan dengan baik.
  7. Lakukan pemeriksaan terhadap rumput laut yang telah ditanam setiap 3 hari sekali untuk memastikan posisi rumput laut tetap berada di permukaan
  8. Dalam waktu 8-10 hari sudah akan terlihat perbedaan antara rumput laut yang dibudidayakan secara konvensional dengan rumput laut yang dibudidayakan dengan menggunakan Smart Formula Alam Hijau. Perbedaannya dengan budidaya konvensional biasanya terlihat pada rumput laut yang menggunakan Formula Alam Hijau tidak terserang ice-ice dan terbebas dari Biofouling seperti lumut dan gulma laut pengganggu lainnya
Catatan Penting.
  • Usahaka agar rumput laut yang akan digunakan sebagai bibit agar tidak berada terlalu lama di darat, jika belum siap di tanam bibit rumput laut harus di taruh di laut agar tidak terjadi kerusakan jaringan atau stress pada bibit
  • Usahakan agar bibit yang direndam pada bak atau tempat perendaman terlalu sesak karena akan mempengaruhi aktifitas fisiologi bibit rumput laut
  • Jarak tanam yang direkomendasikan adalah 25 CM karena dari studi lapangan penggunaan Formula Alam Hijau memperlihatkan kesuburan yang sangat bagus sehingga rumpun menjadi besar. Penggunaan jarak tanam 20CM seperti biasanya akan mengganggu gerak pertumbuhan rumput laut. Dengan demikian penggunaan Formula Alam Hijau akan mampu menghemat penggunaan bibit.
Aplikasi Formula Alam Hijau Pada Bibit Rumput Laut
Aplikasi Formula Alam Hijau Pada Bibit Rumput Laut

Aplikasi Formula Alam Hijau Pada Bibit Rumput Laut

Aplikasi Formula Alam Hijau Pada Bibit Rumput Laut

Tinggalkan komentar